Header Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai Berangkatkan Kontingen PEDA KTNA XVI

Senin, 07 Oktober 2019

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai Hadiyono, S. Hut, M. Si mewakili Walikota Dumai Zulkifli AS melepas 80 orang kontingen peserta Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Dumai Kota. Para kontingen asal Dumai untuk mengikuti Peda KTNA XVI tingkat Provinsi Riau yang akan berlangsung Mulai Tanggal 06 hingga 11 Oktober 2019 di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat , Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam sambutannya Hadiyono, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa Pekan Daerah merupakan wahana pertemuan petani nelayan antar kabupaten/kota di Provinsi Riau. Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka membangkitkan semangat dan tanggungjawab, serta kemandirian petani untuk meningkatkan pembangunan pertanian, perikanan dan perternakan dan Kehutanan

Melalui pekan daerah KTNA diharapkan para kelompok tani yang menjadi kontigen mewakili Kota Dumai dapat membantu pemerintah dalam peningkatan ketahanan pangan. Selain itu, melalui pekan daerah para petani nelayan berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya memperkuat kepemimpinan agrabisnis ditingkat petani maupun nelayan dalam mengemban usaha agribisnis ditingkat pedesaan.

Ponimin Selaku Ketua Umum KTNA Dumai yang juga ikut mendampingi peserta selama pelaksanaan Pekan Daerah di Kuansing dalam keterangannya juga menyampaikan bahwa "Seluruh peserta baik pendamping maupun peninjau agar dapat berpartisifasi dan berperan aktif untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pekan daerah. Sehingga tujuan dan sasaran dapat dicapai secara maksimal yang selanjutnya dapat diterapkan dan dikembangkan di Kota Dumai," imbuhnya. Selain itu, diharapkan dalam PEDA KTNA tingkat Provinsi Riau itu, Kontigen asal Kota Dumai dapat menampilkan ciri khas daerah dengan menjaga kekompakan dan solidaritas baik sesama rekan kontigen maupun kontigen dari kabupaten lain. even ini hendaknya dapat dimanfaatkan para petani dan nelayan untuk dapat mempromosikan dan kerjasama kemitraan dalam pemasaran hasil pertanian, perikanan dan peternakan dengan para pengusaha yang hadir.