Header Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai

Bimtek Pemanfaatan Pekarangan melalui Hidroponik

Sabtu, 03 Nopember 2018

Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan kelompok tani melalui kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai melalui Bidang Ketahanan Pangan telah menyelenggarakan Bimtek Pemanfaaan pekarangan melalui Hidroponik pada hari Senin (29/10) bertempat di Aula BPP Dumai Barat / Dumai Selatan.

Bimbingan Teknis yang diikuti sekitar 50 orang anggota terdiri dari petugas dan pengurus KWT yang ada di Kota Dumai ini dibuka oleh Ibu Sekretaris DKPP drg. Hermiati mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang tidak bisa hadir pada Kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutan nya drg. Hermiati menyampaikan bahwa Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memasyarakatkan optimalisasi lahan pekarangan melalui sistem hidroponik yang semakin diminati masyarakat perkotaan dengan memproduksi kebutuhan pangan oleh keluarga dan masyarakat.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu praktisi hidroponik Casafarm dari bandung. Dalam penyampaiannya beliau memaparkan bahwa hidroponik merupakan konsep budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah dan dapat dilakukan pada ruang yang relatif sempit, sehingga pola pertanian dengan model hidroponik ini sangat cocok dikembangkan di daerah perkotaan. Selain dapat menambah gizi keluarga juga diharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi sayur yang lebih sehat tanpa pestisida, papar beliau.

Selain teori sederhana teknologi hidroponik , peserta juga diajarkan praktek bagaimana menerapkan teknik-teknik dalam hidroponik .