Header Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai

Bakorluh Provinsi Riau Gelar Pelatihan PUTK bagi Penyuluh Pertanian Kota Dumai

Selasa, 16 Desember 2014

Sebanyak 30 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan KTNA dari 7 Kecamatan yang ada dalam wilayah Kota Dumai mengikuti pelatihan penggunaan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) di Aula Kantor Distanbunhut Kota Dumai. Praktik penggunaan PUTK di pandu langsung oleh Ir. H. Akmal Syukur dari Sekretariat Bakorluh Provinsi Riau.

Pelatihan yang dilaksanakan Sekretariat Bakorluh Provinsi Riau bekerjasama dengan Bidang Penyuluhan Distanbunhut Kota Dumai, bertujuan agar dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi para penyuluh, khususnya mengenai pengetahuan tentang cara menganalisa tanah dengan penggunaan perangkat lahan kering untuk menghasilkan rekomendasi pemupukan yang spesifik lokasi secara cepat dan tepat. Kepala Bidang Penyuluhan Herlina Nasrul, S. P dalam arahannya menyebutkan, pihaknya bersama dengan Bakorluh Provinsi Riau melakukan pelatihan bersama untuk menambah wawasan tentang teknis dan cara penggunaan perangkat uji tanah lahan kering terhadap para penyuluh di Kota Dumai.

Sementara Ir. H. Akmal Syukur menjelaskan PUTK merupakan perangkat yang dapat merekomendasikan pemupukan spesifik lokasi langsung dilakukan di lapangan. “Alat ini ibarat laboratorium lapangan yang dapat mengetahui status hara tanah secara instan,” ujar Akmal dengan semangat.

Lebih jauh dikatakan, para penyuluh pertanian sangat penting memperoleh pengetahuan tentang ini karena dengan teknologi ini penyuluh dapat memberikan rekomendasi anjuran teknologi yang sesuai untuk komoditi yang ditanam oleh petani untuk selanjutnya hasil rekomendasi tersebut di evaluasi dikemudian hari.