Header Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai

Bidang Ketahanan Pangan Gelar Bimtek pemanfaatan pekarangan

Kamis, 24 Agustus 2017

Bidang Ketahanan Pangan melaksanakan Bimtek Pemanfaaan pekarangan melalui Hidroponik pada hari Kamis (24/08) bertempat di Aula kantor Camat Dumai Kota.

Bimbingan Teknis yang diikuti sekitar 40 orang anggota dan pengurus KWT yang ada dilingkungan Kecamatan Dumai Kota ini dibuka oleh Bapak Al Khusairi, S. Sos. M.Si mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang tidak bisa hadir pada Kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutan nya Al Khusairi, S. Sos, M.Si menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap panita dan personil Bidang Ketahanan Pangan yang sukses melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, dimana kegiatan ini merupakan sebagai bekal ilmu bagi calon penerima bantuan hidroponik yang pada tahun 2017 ini insya Allah Pemko Dumai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan memberikan bantuan paket hidroponik kepada 40 orang rumah tangga di 4 Kelompok KWT yang ada lingkungan Kecamatan Dumai kota sehingga diharapkan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Bapak Burhanuddin dan Bapak Yan Aidar, SP yang merupakan seorang praktisi hidroponik berpengalaman di Kota Dumai. Dalam penyampaiannya beliau memaparkan bahwa hidroponik merupakan konsep budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah dan dapat dilakukan pada ruang yang relatif sempit, sehingga pola pertanian dengan model hidroponik ini sangat cocok dikembangkan di daerah perkotaan. Selain dapat menambah gizi keluarga juga diharapkan masyarakat dapat mengkonsumsi sayur yang lebih sehat tanpa pestisida, papar beliau.