Header Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kota Dumai

Bidang Perkebunan Gelar Verifikasi Calon Petani Dan Lahan Peremajaan Sawit

Rabu, 16 Agustus 2017

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai melalui Bidang Perkebunan melaksanakan verifikasi calon petani dan calon lahan untuk kegiatan peremajaan kelapa sawit di tahun 2018 mendatang.

Ditempat terpisah Kelapa Dinas Ketahana Pangan dan Pertanian melalui Kepala Bidang Perkebunan, Agmarizon, SP, M.Si mengatakan pihaknya melaksanakan verifikasi lapangan Calon Petani (CP) dan Calon Lahan (CL) untuk mendukung kegiatan peremajaan kelapa sawit di Kota Dumai seluas 50 Ha yang sudah direncanakan untuk Tahun 2018.

Kegiatan verifikasi CP/CL ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti proposal/usulan dari kelompoktani yang masuk sehingga dapat dipastikan keberadaan dan kesesuaian calon lahan atau calon lokasi bagi pengembangan kelapa sawit.

"Sekaligus mengetahui kebenaran kelompok tani sasaran dan kesiapan calon petani serta kesesuaian data CP/CL dengan persyaratan yang ditentukan dalam pedoman teknis peremajaan kelapa sawit” katanya di Dumai, Rabu (16/08/2017)

Menurutnya kegiatan CPCL kali ini dilakukan terhadap kelompok tani kebun jaya yang berlokasi di Kelurahan Bukit Kayu Kapur Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Berbagai kriteria dan persyaratan menjadi patokan utama dalam verifikasi CPCL seperti luas lahan, jumlah anggota kelompok, status lahan, jumlah hamparan, koordinat lokasi, ketinggian tempat, kesesuaian lahan.

Melalui kegiatan peremajaan kelapa sawit ini diharapkan dapat membantu petani meningkatkan produktivitas lahan dengan cara mengganti tanaman yang sudah tua dan tidak produktif dengan tanaman sawit baru yang lebih produktif katanya.